Tiba-tiba... hm.... teringat aku pada rasa pedih di hati....

Suatu malam di rumah mertua, mau tidur, mainan anakku terjatuh, dan mau aku sterilkan pakai air panas... so... aku letakkan anakku yang belum 1 tahun di ruang keluarga, di depan TV, jauh dari meja makan, jauh dari segala makanan dan minuman.... dan aku ke dapur untuk mensterilkan mainannya...

Tiba2.. terdengar suara anakku menangis keras..... larilah aku ke ruang keluarga....ternyata....langsung kubawa ke kamar, aku lihat lukanya... langsung lari ke tetangga sebelah yang kebetulan dokter.. kata beliau ini parah sekali... ndak tahu deh, pakai bahasa medis berapa persen gitu, langsung bawa ke UGD, sampai sana, langsung ditangani, telpon dokter anaknya, akhirnya perawat bilang, ini harus segera dioperasi.. gak keburu kalau nunggu dokter anak ataupun senior yang lain.. ada dokter standby, dokter spesialis bedah plastik.. toh kalau ke dokter anak, juga akan ditangani dokter spesialis bedah plastik...karena ini termasuk luka bakar tingkat 2B .... pertama glek.. operasi??????? tapi oke, aku langsung menyetujui anakku di operasi...

Keluar Operasi, langsung dapet kamar, kondisinya.. hm.. fotonya mana ya... badannya pakai baju perban, lengannya juga, wajahnya merah....

Setelah beberapa hari di opname, boleh pulang, meski aku lebih suka dia di RS aja ya.. karena masih ada luka yang harus disembuhkan... tapi sudahlah, rawat jalan aja....dikasih obat salep sekaleng, dan untuk wajah, eye ointment.

Ada teman yang memberikan nutrimoist dari CNI (aku bukan member lo ya), akhirnya kami oleskan luka di luar perban dengan nutrimoist... hm.. cepet sembuhnya.. tapi perih banget lo ternyata...(aku coba di kakiku yang beret dikit kena lemari)

Waktu harus balik ke RS untuk ganti perban, perawat heran.. kok cepet ya... sembuhnya... (untuk luka luar - aku gak bilang...). Nah, ni anak harus puasa, karena mau masuk ruang operasi kan...
Keluar dari ruang operasi, rewel minta ampun, di RS satu jam dulu baru rada tenang...

Ada keluarga yang memberikan Bee Propolis Cream (sekali lagi saya bukan member HD). Nah ini yang takjub aku... Aku oleskan di wajahnya, terus lukanya tuh seperi jalan menuju satu titik di pipinya... trus sembuh tanpa bekas....

2 kali ke RS hm.. mahal juga ya.. ampuuunnn deh.
Akhirnya ketiga kali, kata dokternya, mau diambilkan kulit pahanya untuk ditanam di perut (masih dalam kondisi perban jadi gak tahu seperti apa) waduh, kami orangtuanya takut dong....

ambillah kami keputusan, langsung ke Bude di Karangmenjangan beliau dokter anak, minta suggestion ke dokter spesialis bedah plastik yang lain... ditelponlah senior...

Langsung kami ke Bagian Bedah Plastik di Karangmenjangan.... disana dokter senior mengatakan, seharusnya anak kecil gini gak boleh terlalu banyak di bius... akhirnya ditangani tanpa dibius... tapi dipegangi kuat2.... nah, akhirnya banyak manggil perawat, karena begitu perban di perut dibuka.... waduh.. gak kuat ngeliatnya... Bapaknya aja sampai shock berat begitupun aku... pengen tahu? wah, aku gak bawa kamera waktu itu... kalau sering nonton Film2.. Allien... tuh perut seperti mbuka lubang kalau ada allien mau keluar gitu itu loh...aduuhhh ngeri deh pokoknya.. apalagi si anak nangis meraung2 kan....

Tapi sesudahnya.. ajaib.. meski perbannya hanya di perut, tidak seperti perban di RS sebelumnya yang menyerupai baju, tapi si anak malah tertawa2.... gak perlu nenangin sejam dulu....
dan biaya nya.. jauuuuuhhhh banget bedanya.. dari 2 jt jadi 70ribu.... apa mungkin karena kolega Bude ya...Terima kasih Bude... terima kasih dokter...

Setiba di rumah Ibuku, ada mbak yang biasa ngemong, cerita.. dulu kakaknya waktu kecil juga pernah luka bakar gitu, tapi gak tahu ya tingkatnya....karena di desa, jauh dari mana2, oleh Bapaknya diolesin getah lidah buaya, dan dibalut dengan debog pisang. Begitu seterusnya sampai sembuh. Setelah sembuh tidak ada bekas luka sama sekali.
Waktu si Mbak ini menikah, dan kami mengunjunginya.. memang desanya masih jauuuuuhhhhhh banget masih desa....sa.....

Sejak itu, kami menanam lidah buaya, dan kalau anak2 main trus ada luka, kami oleskan lidah buaya. Langsung sembuh tidak berbekas.... ada lagi cara lain, daun binahong yang merambat itu ditumbuk, kalau bisa dikunyah2, lalu ditempelkan ke tempat luka... cepet banget sembuhnya...

hm.. lega sudah akhirnya kutulis juga.. selama ini bener2 menyesakkan dada....

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

0 comments: