Berpuasa adalah kewajiban bagi orang Muslim di bulan puasa atau bulan Ramadhan. Senang karena ada sesuatu yang beda, namun was was karena perubahan ritme tubuh terutama dalam hal konsumsi makanan.

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi air pun juga harus dijaga untuk sebisa mungkin mengkonsumsi minimal 2 liter sehari meski sedang berpuasa.

Beberapa cara yang ditempuh untuk konsumsi sehat selama bulan puasa adalah;

1. Konsumsi cairan
Selain mengkonsumsi air putih, bisa mendapatkan cairan dari minum kolak, makan sayuran berkuah ataupun minuman yang mempunyai rasa.

2. Konsumsi makanan
Konsumsi makanan ini bisa terbagi menjadi 3 kali makan sama halnya dengan kondisi hari hari normal. Misalnya setelah bedug buka, makanlah buah kurma, ini sebenarnya sama dengan jika kita menjalankan sistem food combining. Makan pagi dengan buah-buahan karena energi manis dari buah tersebut sangat tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Setelah sholat Maghrib atau bahkan setelah Tarawih, makan makanan berat. Lalu pada saat sahur makan makanan berat pula. Perlu diingat pada saat sahur ini, sebaiknya makan makanan yang berserat atau berserat tinggi. Makanan berserat tinggi dapat memperlambat rasa lapar.

Selamat berpuasa....


Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
2 Comments